PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA FILUM ARTHROPHODA DALAM KELAS INSECTA AUGMENTED REALITY STUDI KASUS DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Nadiyah Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • M. Syafiih Universias Nurul Jadid Probolinggo

Keywords:

Biologi, Filum Arthropoda, Kelas Insecta, Augmented Reality

Abstract

Filum arthropoda merupakan bagian filum terbesar di dalam kingdom animalia. Mereka hidup dipermukaan atau didalam tanah, di air, serta ada yang hidup parasit didalam tubuh hewan atau tumbuhan. Kelas insecta atau yang disebut serangga merupakan serangga yang memiliki enam kaki yang melekat di bagian dada sehingga disebut heksapoda. Umumnya media pembelajaran saat ini masih di dominasi oleh buku yang berisi tulisan dan gambar saja. Penggunaan gambar 2D yang tersedia dalam buku teks terkesan kurang menarik dan terkadang gambarnya buram atau kurang jelas untuk dipahami oleh siswa. Kendala lain yang sering dihadapi saat melakukan praktek pengenalan hewan insecta yaitu sulit menemukan serangga yang akan dicontohkan sebagai bahan praktek. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah aplikasi materi filum arthropoda dalam kelas insecta augmented reality sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan hewan insecta dengan tampilan objek 3D sehingga mampu membuat siswa tertarik. Dengan menerapkan metode pengembangan program ini adalah metode waterfall, karena pada tahapan yang digunakan pada metode tersebut harus menyelesaikan tahapan awal terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke tahapan berikutnya karena untuk mengantisipasi terjadinya pengulangan tahapan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi android filum arthropoda dalam kelas insecta dengan augmented reality mampu membantu dan memudahkan guru ataupun siswa dalam kegiatan praktek pengenalan hewan insecta dengan tampilan objek TreeD (3D).

Author Biographies

Nadiyah, Universitas Nurul Jadid Probolinggo

Program Studi Teknik Informatika Universitas Nurul Jadid Probolinggo

M. Syafiih, Universias Nurul Jadid Probolinggo

Program Studi Teknik Informatika Universitas Nurul Jadid Probolinggo

References

Abdul, R. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS SUARA PADA SISTEM OPERASI ANDROID. Jurnal Insand Comtech, Vol. 1, No. 2 , 15-22.

Aldi, A., Dhimas, M. A., Galuh, P., Kevin, N. E., & Rudi, P. (2017). Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android. Journal of Computer and Information Technology, Vol.1, No. 1 , 1-5.

Eka, A., Wiwien, H., & Edy, W. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi Dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 17, No.2 , 107-117.

Eko, T., Sri, A., & Suryani, N. (2013). PERAN KEPEMINPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 , 226-238.

Rakasiwi, S., & Albastoni, S. T. (2017). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT UDANG VANNAMEI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 2 , 647-654.

Priadi, A., & Herlanti, Y. (2016). BIOLOGI. Jakarta Timur: yudhistira.

Sommerville, I. (2011). SOFTWARE ENGINEERING. Boston: Addison-Wesley.

Septiani, N. A., & Sulaiman, T. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Mengenal Nama Binatang Dalam Bahasa Inggris Studi Kasus: RA. Al-Amanah Tangerang. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, Volume XX No. 2 , 77-84

Tristianto, C. (2018). PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN. Jurnal Teknologi Informasi ESIT Vol. XII No. 01 , 8-22

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Nadiyah, & M. Syafiih. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA FILUM ARTHROPHODA DALAM KELAS INSECTA AUGMENTED REALITY STUDI KASUS DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PROBOLINGGO. CYBER-TECHN, 15(01), 01–09. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/154