PENGEMBANGAN USAHA BATIK JATIPELEM JOMBANG MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) DAN STRUCTURAL EQUATION MODEL (SEM)
Keywords:
UKM, Partial least square, structural equation modelingAbstract
Salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi Indonesia adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pada revolusi industri 4.0, pengusaha UKM di tuntut berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan di Desa Jatipelem yang merupakan desa sentra batik Jombangan dan menjadi pelopor berdirinya usaha kecil dan menengah pengusaha batik khas Jombang. Permasalahan yang kerap muncul adalah persaingan dan perkembangan usaha batik Jombang yang relatif masih rendah jika dibandingkan dengan batik nasional yang lain. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor inovasi produk,pemanfaatan internet marketing, karakteristik usaha, dan tingkat harapan UKM batik di Jatipelem. Hasil penelitian ini, diharapkan dapat digunakan produsen batik di Jatipelem untuk mengevaluasi dan mengembangkan produknya. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan Partial Least Square dan Pendekatan Struktural Equation Modeling (SEM) dengan software smart PLS 2.0. Penelitian akan dilaksanakan selama kurang dari setengah tahun. Fokus penelitian adalah mencari data dan mengolah data yang kemudian menentukan model yang sesuai. Penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh signifikan antara variabel inovasi produk,pemanfaatan internet marketing, karakteristik usaha, dan tingkat harapan.
References
Badan Pusat Statistik Jombang, 2017. Jumlah sentra UKM Jombang
Endraswari, R. M. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Aplikasi Teknologi Informasi dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan : Studi pada UKM Kerajinan Tangan Bantul, Yogyakarta. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., 2011. Structural Equation Modelling dengan Partial Least Square Edisi III.Semarang. Penerbit: Universitas Diponegoro.
Jauhari, Jaidan (2011) “Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce”. Indralaya: Universitas Sriwijaya
Purwaningsih, R. (2015). Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha kecil dan menengah (UKM) dengan metode structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang), Prosiding SNST ke-6. Universitas Wahid Hasyim Semarang
Sasongko, E.N. dkk, (2016). Penerapan metode Structural Equation Modeling Untuk Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Ionformasi Akademik Terhadap Kualitas Website. Jurnal Gaussian, Volume 5 No. 3. Universitas Diponegoro.
Supriyati, E. (2013). Faktor adopsi internet marketing untuk usaha mikro dan usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Kudus dengan SEM dan Framework Cobit 4.1. Jurnal SIMETRIS, Vol 3 No 1, April . Universitas Muria Kudus.
Siregar, A. R. (2008). Penggunaan Sistem dan Teknologi Informasi Untuk Usaha Kecil dan Menengah. USU e-Repository .
Wahid, F., dan Iswari, L. (2007). Adopsi Teknologi Informasi oleh Usaha Kecil dan Menengah Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007). Yogyakarta.
Yulimar, V. A. (2006) “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadopsian Electronic Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan: Studi pada Perusahaan Kecil dan Menengah di Indonesia”. Semarang: Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 CYBER-TECHN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.