Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Penggunaan Smartphone Berbasis Web Dengan Qr Qode Sebagai Support System (Study Kasus Di Sma Pomosda)
Keywords:
Smartphone, Waterfall, Use Case, Qr-Code, Sistem InformasiAbstract
Pada perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat saat ini tentu berpengaruh pada pendidikan. Pendidikan tentunya membutuhkan teknologi yang bisa mempermudah setiap proses pendidikannya, dan menghasilkan suatu informasi yang tepat dan cepat. Pembelajaran berbasis smartphone benar-benar membantu proses belajar siswa. SMA POMOSDA belum memiliki sistem informasi tentang pengelolaan penggunaan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pelayanan penggunaan smartphone berbasis website dengan QR QODE sebagai support system. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode waterfall yang didukung dengan Aplikasi Xampp Versi 3.2.2 yang didalamnya memuat Bahasa Pemrograman PHP 5.6.38 dan Database MySQL 10.1.36 dengan rancang bangun menggunakan Use Case. Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi penggunaan smartphone berbasis website. Dan memang benar dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu admin untuk mengelola sistem informasi pelayanan smartphone dan siswa menjadi tertib dalam penggunaan smartphone.
Kata Kunci :,, ,
References
Mulia, A. G. (2020). Sistem Informasi Absensi berbasis WEB di Politeknik Negeri Padang. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 5(1), 11-17.
Putra, Z. A. (2019). Perancangan Software Presensi Menggunakan Qr Code Dengan Enkripsi Algoritma Aes 256 BIT (Studi Kasus Absensi Mahasiswa ITN Malang) (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).
Rusdi, I., Mulyani, A. S., & Herlina, I. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pembelian Pada CV. Cimanggis Jaya Depok. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), 180-197.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Sistem dan Teknik Informatika Pomosda (JASTIP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.