Strategi Pengembangan Usaha Bibit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Analisis SWOT Dan Bussines Model Canvas (BMC) (Studi Kasus Ikm Pembibitan Kelapa Sawit Desa Way-Hawang)

Authors

  • Muhammad Alaidin Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Deny Kurniawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Yuli Minartiwi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Keywords:

SWOT, Business Model Canvas, Kelapa Sawit

Abstract

IKM pembibitan kelapa sawit merupakan salah satu dari beberapa usaha bergerak di bidang pembibitan kelapa sawit di desa Way hawang, menjadikan usaha ini menjadi kompetitif dan penuh tantangan dalam pengembangan usaha. Karena itu, pembibitan kelapa sawit perlu membuat model bisnis yang tepat dan strategi baru yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing dalam pengembangan usaha. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model bisnis pembibitan kelapa sawit dengan menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas. Metode penelitian ini berjenis kualitatif, yaitu dengan menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumensi. Responden  penelitian ini terdiri dari pemilik usaha pembibitan kelapa sawit. Setelah dilakukan penelitian menunjukkan nilai EFAS di angka 0,73 dan IFAS 1,67 kuadran SWOT pembibitan kelapa sawit berada pada kuadran 1“Growth Oriented Strategy” yaitu mendukung strategi agresif yang hasilnya kemudian  menjadi masukan untuk perbaikan model bisnis pada usaha pembibitan kelapa sawit. Berdasarkan implementasinya menunjukkan bahwa rekomendasi perbaikan  pada sembilan elemen model bisnis dan strategi SO, WO, ST, WT yang dihasilkan dapat menjadi solusi strategi pengembangan usaha bibit kelapa sawit.

Author Biographies

Muhammad Alaidin, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Deny Kurniawati, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Yuli Minartiwi , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Abdul Hafiz Ihza Mahendra, Oleh, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, And Universitas Sayyid Ali Rahmatullah. 2022. “Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Gantra Betta Fish Tulungagung Dalam Perspektif Swot Dan Bmc.” 1(4).

Fitriani, Risma, Nugraha Nugraha, And Djamaludin Djamaludin. 2020. “Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit Dengan Metode Analisis Swot Dan Bisnis Model Canvas.” Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri 18(1):34. Doi: 10.24014/Sitekin.V18i1.11753.

Nurzam, Nurzam, Rani Sari Fauziah, And Karona Cahya Susena. 2020. “Pegaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Petani Membeli Bibit Sawit Di Pt. Bio Nusantara Teknologi Bengkulu.” Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 8(1):79–89. Doi: 10.37676/Ekombis.V8i1.934.

Susilowati, I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 19(2), 113-121.

Wahyuni, S. 2021. “Strategi Bussiness Model Canvas (Bmc) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses 1(2):81–86.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Muhammad Alaidin, Deny Kurniawati, & Yuli Minartiwi. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Bibit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Analisis SWOT Dan Bussines Model Canvas (BMC) (Studi Kasus Ikm Pembibitan Kelapa Sawit Desa Way-Hawang). Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 2(01), 01–10. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/132