Strategi Pengembangan Usaha Bibit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Analisis SWOT Dan Bussines Model Canvas (BMC) (Studi Kasus Ikm Pembibitan Kelapa Sawit Desa Way-Hawang)
Keywords:
SWOT, Business Model Canvas, Kelapa SawitAbstract
IKM pembibitan kelapa sawit merupakan salah satu dari beberapa usaha bergerak di bidang pembibitan kelapa sawit di desa Way hawang, menjadikan usaha ini menjadi kompetitif dan penuh tantangan dalam pengembangan usaha. Karena itu, pembibitan kelapa sawit perlu membuat model bisnis yang tepat dan strategi baru yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing dalam pengembangan usaha. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model bisnis pembibitan kelapa sawit dengan menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas. Metode penelitian ini berjenis kualitatif, yaitu dengan menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumensi. Responden penelitian ini terdiri dari pemilik usaha pembibitan kelapa sawit. Setelah dilakukan penelitian menunjukkan nilai EFAS di angka 0,73 dan IFAS 1,67 kuadran SWOT pembibitan kelapa sawit berada pada kuadran 1“Growth Oriented Strategy” yaitu mendukung strategi agresif yang hasilnya kemudian menjadi masukan untuk perbaikan model bisnis pada usaha pembibitan kelapa sawit. Berdasarkan implementasinya menunjukkan bahwa rekomendasi perbaikan pada sembilan elemen model bisnis dan strategi SO, WO, ST, WT yang dihasilkan dapat menjadi solusi strategi pengembangan usaha bibit kelapa sawit.
References
Abdul Hafiz Ihza Mahendra, Oleh, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, And Universitas Sayyid Ali Rahmatullah. 2022. “Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Gantra Betta Fish Tulungagung Dalam Perspektif Swot Dan Bmc.” 1(4).
Fitriani, Risma, Nugraha Nugraha, And Djamaludin Djamaludin. 2020. “Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit Dengan Metode Analisis Swot Dan Bisnis Model Canvas.” Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri 18(1):34. Doi: 10.24014/Sitekin.V18i1.11753.
Nurzam, Nurzam, Rani Sari Fauziah, And Karona Cahya Susena. 2020. “Pegaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Petani Membeli Bibit Sawit Di Pt. Bio Nusantara Teknologi Bengkulu.” Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 8(1):79–89. Doi: 10.37676/Ekombis.V8i1.934.
Susilowati, I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 19(2), 113-121.
Wahyuni, S. 2021. “Strategi Bussiness Model Canvas (Bmc) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses 1(2):81–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.