https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/issue/feedJurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)2024-11-10T08:57:28+07:00Achmad Syaichusyaichu07@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Teknik dan Manajemen Industri (JTMIP)</strong> merupakan Jurnal Nasional Teknik Industri yang menyajikan sejumlah tulisan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dan penerapan ilmu teknik dan manajemen industri, berdasarkan hasil penelitian dengan didukung data yang besifat kuantitatif dan kualitatif, yang dapat memberikan solusi, mempermudah, membantu dan menjadi katalisator dalam meningkatkan analisa, pemikiran umat manusia khsusnya lingkungan akademisi</p>https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/182Analisis Korelasi Produk, Harga, Tempat, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD Bandar Pentol Sidoarjo2024-11-10T08:18:07+07:00Ivan Bangkit Romadhonivanbangkit16@gmail.com<p>Setiap industri bersaing satu sama lain untuk memperluas, atau dengan kata lain, untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara yang berbeda, termasuk memasarkan atau menciptakan jenis penemuan baru untuk menyajikan dan menjual produknya di daerah yang belum dijelajahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana produksi, harga, lokasi, dan periklanan mempengaruhi kepuasan pelanggan UD. Bandar Pentol terhadap kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini tidak terbatas, dan metode pengambilan sampel insidental diterapkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara variabel tempat dan kebahagiaan pelanggan. Kebahagiaan pelanggan dipengaruhi oleh variabel harga. Kebahagiaan pelanggan dipengaruhi oleh karakteristik produk. Kebahagiaan pelanggan dipengaruhi oleh elemen promosi. Kebahagiaan pelanggan secara simultan dipengaruhi oleh elemen-elemen yang berkaitan dengan lokasi, biaya, barang, dan promosi.</p>2024-11-10T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/183Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Akar Tanjung Di Japo Mart2024-11-10T08:23:50+07:00Alganisa Nurfatma Emiyaalganissa121@gmail.comAgustin Sukarsonoagusty@stt-pomosda.ac.id<p>Konsumen saat ini semakin sadar akan pentingnya memilih produk halal, dalam memenuhi kebutuhan konsumen perlu memilih produk melalui keputusan pembelian. Faktor yang berpengaruh dalam keputusan pembelian ialah label halal dan kualitas produk. mengetahui label halal dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian akar tanjung di Japomart di Nganjuk sebagai tujuan dalam penelitian ini. penggunaan teknik analisis regresi berganda dan menggunakan SPSS 27 untuk pengolahannya. Temuan label Halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Akar Tanjong di JAPO Mart dengan nilai thitung sebesar 1,786 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,66827 namun tidak signifikan. Kualitas produk mempunyai nilai thitung sebesar 12,568 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,66827 sehingga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Akar Tanjung di JAPO Mart. Label halal dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Akar Tanjung di JAPO Mart, dan nilai fhitung sebesar 11,572 lebih besar dari nilai fabel sebesar 3,14.</p>2024-11-10T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/184Perpindahan Konsumen Belanja Online Menggunakan Analisa Markov Chain2024-11-10T08:37:25+07:00Putut Ade Irawanpututadeirawan@gmail.comAchmad Syaichusyaichu07@gmail.com<p>Perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja online menjadi topik yang penting di era digital, mengingat ketatnya persaingan antar platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang perpindahan konsumen di empat platform belanja online utama: Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia, dengan menggunakan model Rantai Markov. Metode ini dipilih untuk mengidentifikasi pola perpindahan konsumen dan memproyeksikan kondisi steady state, di mana perpindahan konsumen antar platform mencapai titik ekuilibrium. Data diperoleh melalui kuesioner yang mengeksplorasi preferensi belanja online responden dari waktu ke waktu. Hasil analisis menunjukkan bahwa probabilitas pelanggan beralih antar platform mencapai kondisi steady state pada bulan ke-3. Temuan utama termasuk penurunan pelanggan setia di semua platform dengan persentase penurunan tertinggi di Bukalapak, dari 30% menjadi 20%, dan peningkatan total pelanggan di Shopee dan Tokopedia masing-masing sebesar 136% dan 124% dibandingkan dengan jumlah awal. Sementara itu, Lazada mengalami penurunan jumlah pelanggan sebesar 60% dibandingkan dengan jumlah awal. Riset ini mengungkapkan bahwa meskipun konsumen cenderung berpindah platform, Shopee dan Tokopedia memiliki daya tarik yang lebih kuat dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya strategi manajemen loyalitas pelanggan dan inovasi layanan untuk menghadapi pergeseran preferensi dalam berbelanja online. Implementasi dari temuan ini dapat membantu platform e-commerce untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan mempertahankan konsumen di pasar yang kompetitif. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi loyalitas dan peralihan konsumen, seperti harga, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan platform.</p>2024-11-10T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/185Strategi Peningkatan Pengunjug Wisata Taman Cengkok Asri Kabupaten Nganjuk2024-11-10T08:42:18+07:00A. Naufal Fuadyfuadynaufal@gmail.comDenny Kurniawatide.kurniawati@gmail.comErna Habibahernahabibah74@gmail.com<p>Wisata Taman Cengkok ASRI adalah sebuah wisata lokal yang menyajikan aneka kearifan lokal dan sebagai tempat penyegaran bagi pengunjung. Lokasi berada di Desa Cengkok, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pada mulanya lahan dari pada wisata ini adalah lahan persawahan yang kemudian di musyawarahkan bersama dengan seluruh elemen desa meliputi perangkat desa, warga, dan masyarakat untuk dijadikan sebagai lokasi pariwisata lokal. Atas kesepakatan seluruh elemen yang ada di desa berdirilah Wisata Taman Cengkok ASRI ini pada tahun 2019. Seiring berjalannya waktu, Wisata Taman Cengkok ASRI mengalami perkembangan pengunjung dan dukungan positif dari masyarakat setempat sehingga menjadi motivasi untuk terus membangun dan mengembangkan pariwisata lokal ini. Dengan tata kelola manajemen yang baik dan fasilitas yang memadai wisata ini dapat mendatangkan pengunjung. Tetapi akan menjadi stagnan pada peningkatan pengunjung jika tidak ada strategi untuk mengembangkan. Pada permasalahan tersebut dapat menghambat proses pembangunan dan perkembangan pengunjung di Wisata Taman Cengkok ASRI. Maka diperlukan suatu penyusunan strategi dalam mengembangkan dari berbagai sisi yang ada pada wisata ini dengan menganalisa serta pengaplikasian metode kualitatif analisa SWOT (<em>Strengths, Weakness, Opportunity, Threats) </em>untuk mengetahui rencana strategis pengembangan pada Wisata Taman Cengkok ASRI.</p>2024-11-10T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/186Studi Kelayakan Usaha Budidaya Lele (Sangkuriang) Menggunakan Kolam Bioflok (Studi Kasus Pada Pokdakan Putra Tanjung Nganjuk)2024-11-10T08:48:15+07:00Rahmad Hidayatrahmatcolz1555@gmail.comAgustin Sukarsonoagusty@stt-pomosda.ac.idDenny Kurniawatide.kurniawati@gmail.com<p>Sebagai salah satu ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi, lele banyak dibudidayakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, agar usaha ini dapat berkembang, perlu dilakukan analisis kelayakan usaha. Pokdakan Putra Tanjung yang terletak di Desa Tanjung Kalang, Kecamatan Ngronggot kabupaten Nganjuk memiliki usaha ikan lele jenis (Sangkuriang) yang dibudidayakan menggunakan kolam bioflok. Metode pada penelitian ini untuk mengetahui kondisi aspek finansial dengan menghitung Break Even Point (BEP), Tingkat Pengembalian Internal (IRR), Nilai Sekarang Neto (NPV), Waktu Pengembalian Modal (PP), Indeks Profitabilitas (PI). Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji aspek finansial dari kelayakan usaha budidaya ikan lele Sangkuriang dengan metode kolam bioflok di Pokdakan Putra Tanjung. Berdasarkan hasil analisis, budidaya lele Sangkuriang di Pokdakan Putra Tanjung Nganjuk menunjukkan nilai (PP) sebesar 12 bulan 4 hari (layak), (PI) 1,10 (layak) IRR Sebesar 12% (layak), NPV Rp 83.822.742. (layak), BEP Produksi sebesar 3.243 kg per tahun, dan BEP harga Rp Rp 8.738 /kg (layak). Dengan hasil layak Pada kegiatan budidaya ikan lele Sangkuriang yang dilakukan di Pokdakan Putra Tanjung Nganjuk total investasi sebesar Rp 81.385.000 dengan margin keuntungan bersih sebesar Rp 88.852.128. Dengan demikian, usaha budidaya ikan lele menggunakan sistem bioflok ini dianggap layak untuk dikembangkan</p>2024-11-10T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/187Optimasi Biaya Pengiriman Roti Dengan Metode Transportasi Stepping Stone Pada UMKM Niki Sari Bakery2024-11-10T08:52:50+07:00Rihaadatul ‘Aisyahrheasusai@gmail.comAchmad Syaichusyaichu07@gmail.com<p>UMKM Niki Sari <em>Bakery</em> yang bertempat di Jl.Hasanudin no.84, Pilangbango, Brumbung, Kec.Tanjunganom, Kab.Nganjuk, Jawa Timur. Dalam distribusi produk Niki Sari <em>Bakery</em> mengalami beberapa kendala yaitu tidak adanya pencatatan/pendataan sehingga terjadi pembengkakan biaya pengeluaran. Tujuan penelitian ini adalah mengoptimasi biaya pengiriman<em>. </em>Hasil penelitian pada solusi awal diperoleh masing-masing metode NWCR Rp.169.100, LC Rp.167.250 dan VAM Rp.164.250. Dari masing-masing distribusi dengan nilai paling minimum yaitu pada metode VAM<em>, </em>akan tetapi diperlukan pembuktian uji optimalisasi dengan metode <em>Stepping Stone</em>. Dengan menggunakan tiga metode NWCR, LC, dan VAM diperoleh nilai biaya paling minimal Rp. 164.250. Rute yang dihasil kan dari metode yang terpilih yaitu mobil (A) menuju Blitar, mobil (B) menuju Tulungagung dan Nganjuk, mobil (C) menuju Kediri dan Tulungagung, mobil (D) menuju Tulungagung. Pendistribusian produk roti pada UMKM Niki Sari <em>Bakery </em>mendapatkan hasil yang optimal<em>. </em>VAM merupakan metode paling optimum diantara dua metode lainnya dengan hasil biaya yang paling minimum sebesar Rp.164.250/minggu. Kemudian diuji optimal menggunakan metode <em>Stepping Stone</em>, dan diketahui biayanya sebesar Rp. 164.250. Hasil perhitungan manual dibandingkan dengan <em>software</em> POM QM V4 dengan biaya yang dihasilkan sama yaitu Rp.164.250.</p>2024-11-10T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)