ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE SERVICE OF QUALITY (SERVQUAL)

Authors

  • Putut Ade Irawan Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Siti Mubarokah Khusnul Qotimah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Kualitas, Pelayanan Prima, Servqual

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Service Of Quality di WASERDA SELAMAT POMOSDA. Pemilihan judul ini didasarkan pada pengamatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di WASERDA SELAMAT POMOSDA yang mengakibatkan komplain dari para konsumen, metode penelitian yang digunakan adalah analisis servqual, untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung dari variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan populasi yang mewakili dan sampel yang diambil adalah masyarakat tanjunganom dengan rumus jumlah populasi yang tidak diketahui,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuisoner, dan hasil penelitian ini menggunakan SPSS 16 bahwa,tedapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pelayanan yang diberikan oleh WASERDA SELAMATPOMOSDA. Hal ini didasari dari hasil analisis data yang menjukkan atribut ke-2 dengan gap terbesar -0,66 dan atribut ke-2 atau 3 terkecil dengan nilai -0,02.

Author Biographies

Putut Ade Irawan , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Siti Mubarokah Khusnul Qotimah, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

References

Heru Winarno dan Tb.Absor, 2017 jurusan Teknik Industri “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) PT. MEDIA PURNA ENGINEERING.

Leopolda L.V.M Dasilva, 2013 “Kualitas pelayanaan yang optimal dapat menciptakan menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan’’.

Nashihuddin, Wachid, 2010 “Servqual Metode Meningkatkan kualitas Layanan Pelanggan quality (servqual)’’http://digilib.its.ac.id.(Diakses10Agustus, 2015.pukul 10.00).

M.Abdul Fitriyanto 2018 Teknologi Industri Judul : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Dengan Metode Service Quality Dan Importance Performance Analysis.

M. Toha (Teknik Industri, 2017) Judul : Analisis Pelayanan Laboratorium Komputer Untuk SMP POMOSDA menggunakan Service Of Quality (SRVQUAL).

Ikha Wahyu Widyawati, 2015 Analis Kepuasan Pelanggan Service Of Quality (SERVQUAL).

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Putut Ade Irawan, & Siti Mubarokah Khusnul Qotimah. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE SERVICE OF QUALITY (SERVQUAL). CYBER-TECHN, 17(01), 32–42. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/63