Analisis Strategi Peningkatan Jumlah Pelanggan Di Omah Japo Cafe

Authors

  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Muhammad Taufan Eko Prasetyo Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Denny Kurniawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

EFE, IFE, IE, QSPM, SWOT

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, dunia bisnis mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal tersebut membuat persaingan antar bisnis semakin lama menjadi semakin ketat. Situasi seperti ini menuntut para pelaku bisnis untuk merumuskan sekaligus menerapkan strategi-strategi bisnis agar tidak hanya dapat bertahan dan mengembangkan bisnis yang dijalani namun juga dapat bersaing dalam merebut dan menguasai pangsa pasar yang ada, untuk itu strategi menjadi kunci dari pencapaian keunggulan bersaing dan keberhasilan sebuah bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi bersaing yang paling tepat untuk diterapkan Omah Japo Cafe  dimasa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT, I-E dan QSPM.  Dari hasil pengujian hipotesis matrix IFE dan EFE hasilnya  menunjukkan adanya pengaruh positif  tempat yang nyaman dan sejuk dan pengaruh negatif yaitu banyaknya pesaing disekitar lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian, Omah Japo Cafe and Nursery berada pada posisi sel VIII yang berarti strategi yang diterapkan adalah strategi divestasi (harvest or divest). Strategi divestasi adalah sebuah strategi untuk mengurangi aset yang sudah dimiliki agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang. 

Author Biographies

Agustin Sukarsono, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Muhammad Taufan Eko Prasetyo, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Denny Kurniawati , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Jayati, A., Melyana, D. A., Zein, P. Y., Jihan, P. R., & Sari, D. P. P. (2021). Penerapan Analisis SWOT pada Wilton Cafe & Resto. Jurnal Pendidikan Tambusai,

Wibowo, A. A. (2019). Strategi Marketing Dengan Pendekatan Analisis Swot Di Drk Cafe Bondowoso. Retrieved October 21, 2021, from.

Wulandari, R. (2017). Analisis Pengembangan Strategi Bersaing Pada Café Coffee Q Medan (Doctoral dissertation).

Hadi, H. S. (2019). Manajemen Strategi Dakwah di Era Kontemporer. Jurnal Al-Hikmah, 17(2), 69-78.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Agustin Sukarsono, Muhammad Taufan Eko Prasetyo, & Denny Kurniawati. (2024). Analisis Strategi Peningkatan Jumlah Pelanggan Di Omah Japo Cafe. Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 2(01), 18–23. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/134

Most read articles by the same author(s)