ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN MPSK (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Harapan Sejati Nganjuk)

Authors

  • Widiyati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Yuli Minartiwi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Perusahaan, SWOT, MPSK, Alternatif Strategi

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi belakangan ini, perusahaan dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Perusahaan dirasa perlu merencanakan dan menyusun strategi bisnis apa yang sebaiknya diambil oleh perusahaan Rokok Harapan Sejati berdasarkan evaluasi faktor-faktor lingkungan perusahaan dan bagaimana menerapkan strategi tersebut ke dalam perusahaan. Dengan metode penelitian menggunakan matrik SWOT (Stenghts, Weakness, Oppurtunities, Threat) dan matrik MPSK (Matrik Perencanaan Strategi Kuantitatif) diharapkan dapat memberikan suatu langkah penyelesaian yang kongkret sehingga perencanaan strategis dalam mengambil suatu keputusan pada level top manajemen dapat terjawab dan terealisasi langsung dalam perusahaan. Terjadap 7(tujuh) faktor lingkungan eksternal dan 9 (sembilan) faktor lingkungan internal yang mempengaruhi Perusahaan Rokok Harapan Sejati secara signifikan. Masing-masing faktor lingkungan dievaluasi dalam matrik evaluasi faktor eksternal dan internal. Setelah memformulasikan alternatif strategi dengan mengkombinasikan masing-masing faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Maka terdapat 7 (tujuh) alternatif strategi, dimana dari hasil penilaian masing-masing alternatif strategi ini kita dapatkan bahwa alternatif strategi yang paling tinggi penilaiannya adalah alternatif strategi selalu meningkatkan kualitas dan variasi produk.

Author Biographies

Widiyati, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Yuli Minartiwi , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.

David, Fred, Konsep Manajemen Strategi, Prehalindo, Jakarta, 2002.

Muhammad, Suwarsono, Manajemen Strategik, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1994.

Kasali, Renald, Membidik Pasar Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.

Kottler, Philip dan Amstrong, Gary, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1, Prehalindo, jakarta, 1995.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Widiyati, & Yuli Minartiwi. (2021). ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN MPSK (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Harapan Sejati Nganjuk). CYBER-TECHN, 15(01), 85–91. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/163