PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN ATRIBUT PRODUK MINUMAN HERBAL “AKAR TANJUNG” (STUDI KASUS PADA UPT. MAKARTI POMOSDA TANJUNGANOM, NGANJUK)

Authors

  • Nurul Aini Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Nur Mufilhah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Produk, Kepuasan, Atribut, Metode QFD

Abstract

Jamu adalah jenis minuman herbal tradisional yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia dari jaman dahulu kala sampai sekarang, bahkan konsumsi jamu kian meningkat. Meningkatnya popularitas dan tingkat konsumsi masyarakat terhadap jamu membuat para pelaku usaha memanfaatkan kondisi ini untuk membuat suatu usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak lain UPT MAKARTI di Tanjunganom Nganjuk yang berupaya unggul dalam persaingan di pasar dan dalam hal pemenuhan kepuasan konsumen. Dengan metode Quality Function Deployment diketahui terdapat 18 atribut produk yang berpengaruh terhadap kepuasan yaitu rasa, aroma, warna, berat, keamanan komposisi, tingkat harga, ketahanan produk, informasi nilai gizi, logo merek, informasi komposisi, ijin dinkes, label halal, cara penyajian, label produksi dan kadaluarsa, desain kemasan, bentuk kemasan, dan ukuran (volume) kemasan. Dengan menggunakan metode QFD disimpulkan bahwa untuk mengetahui tingkat kepuasan atribut produk minuman herbal Akar Tanjung dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada 68 responden untuk memperoleh data mengenai kepuasan dan kepentingan yang kemudian diolah untuk mencari nilai improvement ratio, sales point, raw weight, normalized raw weight, dan absolute and relative importance. Nilai tersebut digunakan untuk membuat matriks HOQ sehingga diperoleh hasil bahwa produk tersebut memiliki keunggulan pada atribut aroma, ketahanan produk, dan informasi nilai dengan penilaian konsumen yang tinggi dibandingkan dengan atribut lainnya pada kuisioner kepuasan produk tersebut yaitu 3,43, 3,41, dan 3,40. Data hasil perhitungan kepentingan teknis menunjukkan, prioritas teknis untuk mencapai atribut kepentingan konsumen adalah desain label karena memiliki nilai kepentingan teknis terbesar (279,9). Nilai tersebut menunjukkan bahwa karakteristik tersebut memiliki kompeksitas dan berpengaruh lebih besar terhadap atribut produk.

Author Biographies

Nurul Aini, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Nur Mufilhah , Universitas Hasyim Asy'ari

Program Studi Teknik Industri Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

Agustin Sukarsono , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Amri, Suharta, Tahir dan Mirza. 2017. Analisis Kepuasan Pelanggan Pemakaian Produk Gypsum dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Industrial Engineering Journal Vol.6 No.2 (2017) 31-38 ISSN 2302 934X.

Andriati dan Wahjudi, Teguh. 2016. Tingkat Penerimaan Penggunaan Jamu sebagai Alternatif Penggunaan Obat Modern pada Masyarakat Ekonomi Rendah-Menengah dan Atas. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Fakhrudin, Muhammad Faris dan Fiernaningsih, Nilawati. 2019. Pengaruh Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Amstirdam Coffee Dan Roastery kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis - Volume: Nomor 5 E-ISSN: 2407, Juni 2019 ISSN :2407-3741

Hadi, Ifan Surya. 2017. Penerapan Quality Function Deployment Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Kain Batik Tulis Pada Sanggar Batik Seblang Banyuwangi. Jember: Universitas Jember

Handoko, Bagus. 2017. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol. 18 No. 1, 2017, 61-72 ISSN: 2580-4170 (online)

Hati, Shinta Wahyu dan Okta, Ira Listiani Riswana. 2018. Analisis Kualitas Produk Kaos dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada CV. Customindo Kreasi Mandiri Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis 6 (2018) 80-92.

Hermanto dan Wiratmani, Elfitria. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Go-Ride Dengan Metode Kano Dan Quality Function Deployment Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pt Go-Jek Indonesia). Jurnal Ilmiah Teknik Industri (2019) Vol. 7 No. 2, 140 – 148

Rasyid, Ahmad Karimur. 2019. Atribut produk instrinsik dan ekstrinsik yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk camilan khas kota malang. Jurnal MANOVA Volume I Nomor 1 , ISSN : 2685-4716

Toha, Muhammad. 2017. Analisis Pelayanan Laboratorium Komputer Untuk Siswa SMP POMOSDA Menggunakan Metode ServQual (Service Of Quality). Nganjuk: Sekolah Tinggi Teknologi POMOSDA

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Nurul Aini, Nur Mufilhah, & Agustin Sukarsono. (2021). PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN ATRIBUT PRODUK MINUMAN HERBAL “AKAR TANJUNG” (STUDI KASUS PADA UPT. MAKARTI POMOSDA TANJUNGANOM, NGANJUK). CYBER-TECHN, 15(01), 19–27. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/156

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>