ANALISA PENGEMBANGAN PRODUK SEPATU KULIT DENGAN METODE REKAYASA NILAI DALAM RANGKA PENGHEMATAN BIAYA
Keywords:
Pengembangan Produk, Rekayasa Nilai, Kualitas ProdukAbstract
Berdasarkan data yang di ambil dari SPBU Warujayemg 23 april 2013 , terjadi penurunan pasokan solar hingga 55% di setiap SPBU. Kelangkaan BBM solar yg mengakibatkan kenaikan ongkos jasa ekspedisi, memungkinkan terjadinya kenaikan harga bahan baku.Ditunjang pula bahwa pengembangan produk mempunyai waktu siklus yang semakin pendek. Agar perusahaan tetap dapat bertahan, maka harus selalu dibuat inovasi-inovasi produk yang diharapkan akan mampu meningkatkan volume penjualan. Penghematan biaya (Cost Reduction) dengan metode rekayasa nilai (Value Engineering) banyak digunakan oleh perusahaan. Dengan metode ini akan diperoleh fungsi yang diminta. Penurunan biaya produk dapat dijadikan salah satu strategi dalam kompetisi di dunia usaha dengan tidak mengurangi mutu dari produk tersebut. Penelitian yang dilakukan terhadap produk sepatu kulit di Home Industri Kerajinan Kulit Figha, Magetan bertujuan untuk mengurangi biaya produksi pembuatan sepatu dengan cara mengubah-ubah Loss untuk material. Produk sepatu terdiri dari dua bagian yaitu bagian atas (Upper) dan bagian bawah (Bottom). Komponen-komponen pembentuk sepatu kulit adalah tetap. Hal ini dikarenakan kualitas dari produk sepatu ini sudah tidak diragukan lagi dan juga desain sudah ditentukan oleh pemilik usaha. Hasil akhir yang diperoleh dengan analisa biaya adalah sebelum rekayasa nilai sebesar Rp. 73,500.00 dan setelah rekayasa nilai sebesar Rp. 72204,50, sehingga dapat diperoleh penghematan biaya sebesar Rp. 1295,50 dan perhitungan nilai fungsi sebesar 1,02 yang berarti biaya yang dikeluarkan adalah layak. Produksi sepatu kulit dalam setahun sebesar 900 pasang sepatu. Jadi penghematan yang diperoleh dalam setahun adalah sebesar Rp. 1295,50x 900 pasang/tahun = Rp. 1.165.950/tahun
References
Darminto Pujotomo, KRMT. Haryo Santoso dan Risang Pamungkas A, “Perancangan Ulang Produk TV Braket dalam rangka Penghematan Biaya dan Peningkatan Nilai Produk dengan metode Rekayasa Nilai”.
Karl T. Ulrich dan Steven D. Eppinger, 2001, “Perencanaan dan Pengembangan Produk”, Penerbit Salemba Teknika.
Larry W. Zimmerman dan Glen D. Hart, 1982, “Value Engineering a Practical Approach for Owners”, Penerbit Van Nostrand Reinhold Company.
Metode FAST, http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2225052-metode-fast-function-analysis-technique/#ixzz20t2iOPWV, diakses 14 Pebruari 2013.
Murni, Sari dan Hari Prasetyo, 2001, “Buku Pegangan Kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi Jurusan Teknik Industri”, Penerbit Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Prasidha Adhikriya PT, 1995, Desain Kerajinan Kulit, Petunjuk Ketrampilan Industri Kerajinan Kulit. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Proyek peningkatan Pendidikan Kejuruan Non Teknis II, Jakarta.
Yamit, Zulian, 1996, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi pertama. Ekonosia.Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eko Sulistiyono; Agustin Sukarsono , Denny Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.