ANALISIS PENGARUH KEMASAN (PACKAGING) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK AIR TETA (TELAGA TANJUNG) DI PT. TALIATI TELAGA TANJUNG

Authors

  • Denny Kurniawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Ulfaturrohimah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Air Mineral, Air Minum Dalam Kemasan, Regresi Linier

Abstract

Persaingan perusahaan sekarang memicu tingkat produktivitas dari perusahaan. Salah satunya ialah persaingan pada usaha air kemasan. Peningkatan jumlah konsumsi air menjadi penyebabnya, air mengandung sejumlah mineral, sedang air deionisasi diperoleh melalui proses pemurnian seperti distilasi, deionisasi, dan reverse osmosis. Kualitas juga menentukan kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Semakin keruh airnya, semakin tidak patut untuk dikonsumsi. Dari penelitian menunjukkan kemasan tidak terbukti kuat terhadap daya beli konsumen telaga tanjung. Koefisien korelasi 0,174 dan koefisien determinasi 0,147. Persamaan Y = 11,920 + 0,174X dengan a) Konstanta = 11,920 apabila Kemasan (X) dengan nol (tidak ada), maka daya Beli konsumen PT.Taliati Telaga Tanjung (Y) sebesar 11,920.  Jika kemasan sebesar 0,174 daya beli konsumen akan meningkat 0,174. Dalam tabel t nilai 65 bernilai 1,997, nilai t hitung sebesar 4,977. Dengan t hitung 3,367 > t tabel 1,997 menunjukkan variabel kemasan berpengaruh siginifikan terhadap daya beli konsumen.

Author Biographies

Denny Kurniawati , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Ulfaturrohimah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

References

Ivanko, B., & Tunjungsari, H. K. (2018). Pengaruh Kemasan Terhadap Minat Beli Masyarakat Dengan Kualitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Legit. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6).

Khabibi, N., & Suprihadi, H. (2020). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Santri. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 9(12).

Maulani, A. N., Fetrianggi, R., & Prana, I. S. (2021). Analisis Pengaruh Desain Kemasan Dan Brand Image Kopi Good Day Pada Minat Beli Konsumen. Finder: Jurnal Of Visual Communication Design, 1(1).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/Iv/2010. Persyaratan Kualitas Air Minum.

Rafikasari, E. F., & Fauzy, N. E. N. (2020). Pengaruh Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Produk Le Minerale. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 266-284.

Syathori, M. A. A. (2019). Analisis Pengaruh Musyaawarah Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Taliati Telaga Tanjung. Nganjuk : Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Tanjunganom, Nganjuk.

Theodara, S., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Merek Minuman Le Minerale Terhadap Minat Beli Konsumen Anak Muda Di Wilayah Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur. Ikon, 26(2), 110-131.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Denny Kurniawati, & Ulfaturrohimah. (2023). ANALISIS PENGARUH KEMASAN (PACKAGING) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK AIR TETA (TELAGA TANJUNG) DI PT. TALIATI TELAGA TANJUNG. CYBER-TECHN, 17(01), 51–57. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/65

Most read articles by the same author(s)