PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA POMOSDA TANJUNGANOM – NGANJUK

Authors

  • Nurhalimah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Denny Kurniawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Erna Habibah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA POMOSDA. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA POMOSDA. (3) mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA POMOSDA. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan metode ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII yang berjumlah 178 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel Kedisiplinan (X1), Motivasi Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung positif dan tidak signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa SMA POMOSDA. Hal ini didasari dari hasil analisis data menggunakan sotfware SPSS 16 menunjukkan nilai t hitung 0,503 < t tabel 2,000 dengan n = 64 pada tingkat signifikansi 10% sebesar 0,617. (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA POMOSDA. Hal ini didasari dari hasil analisis data menggunakan sotfware SPSS 16 menunjukkan nilai t hitung 6,093 < t tabel 2,000 dengan n = 64 pada tingkat signifikansi 10 % sebesar 0,000. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA POMOSDA. Nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 29,029 > F tabel 3,15.

Author Biographies

Nurhalimah, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Denny Kurniawati , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Erna Habibah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Alimaun, Imam. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Dr. Widarto. 2017. Penelitian Ex Post Facto.Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniadewi, Joshephine Rona. 2016. Korelasi Antara Disiplin Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 2 Klaten. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kusuma, Zuhaira Laily,Dkk. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2017/2017. Jurnal. Universitas Negeri Semarang.

Ma’sumah, Siti. 2016. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Pudjiwati, Tutik. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Kristen Purwodadi. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rizkinandar, Deni Anggih. 2016.Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas TeknikUniversitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-17

How to Cite

Nurhalimah, Denny Kurniawati, & Erna Habibah. (2020). PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA POMOSDA TANJUNGANOM – NGANJUK. CYBER-TECHN, 14(02), 125–139. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/167

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>