PENERAPAN SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PENITIPAN UANG SANTRI POMOSDA (STUDI KASUS PADA UPT. KANTOR PUSAT POMOSDA TANJUNGANOM, NGANJUK)

Authors

  • Rahayu Dwi Setianingsih Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Achmad Syaichu Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda https://orcid.org/0000-0002-6492-9471
  • Eko Budi Santoso Politeknik SAKTI Surabaya
  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Antrian, Single Channel Single Phase, Single Channel Multi Phase, Multi Channel Single Phase, Multi Channel Multi Phase

Abstract

Kejadian antrian (queues) terjadi karena permintaan pelayanan lebih besar daripada fasilitas pelayanan yang ada dalam sistem antrian. Ada beberapa sistem antrian yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah antrian yaitu, single channel single phase, single channel multi phase, multi channel single phase, dan multi channel multi phase.Dengan tujuan untuk mengetahui penerapan sistem antrian dengan mengoptimalkan pelayanan penitipan uang santri POMOSDA yang efektif dan efisien.Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diketeahui sistem antrian yang tepat untuk memperbaiki pelayanan KPU POMOSDA supaya efektif dan efisein adalah sistem antrian single channel single phase, single channel multi phase dan multi channel multi phase, dengan hasil perhitungan tidak adanya pelanggan yang mengantri dalam sistem dan antrian di ketiga sistem tersebut. Dengan masing-masing waktu pelayanan di setiap sistem antrian, single channel single phase, rata-rata waktu menunggu dalam sistem (Ws) 0,013 jam, rata-rata waktu menunggu dalam antrian (Wq) 0,0026 jam, single channel multi phase dengan rata-rata waktu menunggu dalam sistem (Ws) 0,0202 jam, rata-rata waktu menunggu dalam antrian (Wq) 0,0094 jam, dan multi channel multi phase, rata-rata waktu menunggu dalam sistem (Ws) 0,0037 jam, dan rata-rata waktu menunggu dalam antrian (Wq) 0,0031 jam.

Author Biographies

Rahayu Dwi Setianingsih, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Achmad Syaichu , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Eko Budi Santoso, Politeknik SAKTI Surabaya

Program Studi Teknik Mesin Politeknik SAKTI Surabaya

Agustin Sukarsono , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Aminah, Siti, dkk. 2015. Analisis Antrian Multi Channel Multi Phase Pada Antrian Pembuatan Surat Izin Mengemudi Dengan Model Antrian (M/M/C):(GD/∞/∞). Buletin ilmiah mat.stat. dan terapannya (Bimaster). 4(2): 127-134.

Ary, Maxsi. (2018). Pendekatan Teori Antrian SingleChannel Single PhasePada Pelayanan Administrasi. Jurnal infrotronik.3(1).

Fanani, Bagoes I. (2015). Analisis Model Atrian Multi Chanel-Single Phase dengan Pola Kedatangan Berkelompok (Batch Arrival) Di Uniit Kerja Packer Pt.Semen Indonesia (PERSERO), Tbk. Nganjuk: Program Studi Teknik Industri. Sekolah Tinggi Teknik POMOSDA.

Ferianto, Erin Juni. (2016). Optimasi Pelayanan Antrian Multi Channel (M/M/C) PadaStasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) SaganYogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ginting, Petrus L. (2013). Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Teller (Studi Kasus Pada Bank X Di Kota Semarang). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Hasan, Irmayanti. (2011). Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan dan Perbankan. 15(1): 151-158.

Khusaini, Ahmad. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Spa Club Arena Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahesya, Raja Ayu. 2019. Pemodelan Dan Simulasi Penerapan Antrian Multiphase Pada Antrian Pembuatan Sim Pengendara Sepeda Motor Di Polres Sijunjung. Jurnal Sains dan Informatika. 5(1): 4-30.

Mayangsari Yashinta. (2016). Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya

Meningkatkan Efisiensi Kecepatan Transaksi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 01(1): 49-60.

Mukarrama F.A. (2017).Sistem Antrian Single Channel - Multiple Phase dalam MeningkatkanPelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SistemAdministrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Palu.Jurnal Sains dan Teknologi. 6(2): 175-186.

Nuhasanah, N, Nurlina S, dan Nugroho T. (2015). Simulasi Flexsim Untuk Optimasi Sistem Antrian Poli Umum Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 3(2): 69-75.

Nurfitria, D, Nur’eni, dan Utami I.T. (2017). Analisis Antrian Dengan Model Single Channel Single Phase Servis Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) I Gusti Ngurahrai Palu. Jurnal Scientific Pinisi. 3(1): 65-71.

Putri, Agnes M. (2016).Analisis Teori Antrian Multi Channel dengan Distribusi Eksponensial. Bandar Lampung: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Lampung.

Ratnasari, Lenny. (2018).Analisa Antrian Pengerjaan Benang Heat Technology denganMetode Jackson Network Di Pt. Kurabo Manunggal TextileIndustries. Jurnal Teknologi. 01(1).

Serlina, Linda. (2018). Analisis Sistem Antrian Pelanggan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bandar Lampung Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sucihati, Roos N dan Gusferdiansyah, R. (2017).Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Teller (Studi Pada Bank BRI Kantor Cabang Sumbawa). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 14(3).

Suhartina, Sri I. (2018). Analisis Sistem Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan (Studi Kasus: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Veteran Selatan). Makassar: Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Syaichu, Achmad dan Sukarsono, Agustin. (2018). Riset Operasi. Penerbit Natakarya Cetakan Pertama Ponorogo.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Rahayu Dwi Setianingsih, Achmad Syaichu, Eko Budi Santoso, & Agustin Sukarsono. (2021). PENERAPAN SISTEM ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PENITIPAN UANG SANTRI POMOSDA (STUDI KASUS PADA UPT. KANTOR PUSAT POMOSDA TANJUNGANOM, NGANJUK). CYBER-TECHN, 15(01), 28–35. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/157

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>