Analisis Persaingan Antara Grab Dan Gojek Menggunakan Pendekatan Game Theory

Authors

Keywords:

Grab dan Gojek, Game Theory, Matriks Payoff

Abstract

Persaingan jasa transportasi saat ini sudah tidak bisa terhindahkan lagi. Penelitian ini menganalisis strategi persaingan antara dua perusahaan transportasi online utama di Indonesia, Grab dan Gojek, menggunakan pendekatan Game Theory. Analisis dilakukan untuk memahami efektivitas strategi kedua perusahaan berdasarkan empat indikator utama yaitu kenyamanan, keamanan, harga, dan sistem pembayaran. Data penelitian dikumpulkan melalui survei terhadap 39 responden. Hasil analisis menggunakan matriks payoff menunjukkan bahwa Grab unggul dalam aspek kenyamanan dan keamanan, sedangkan Gojek unggul dalam harga dan sistem pembayaran. Penyelesaian menggunakan strategi campuran dan metode optimasi, Big M, menunjukkan nilai akhir (V*) sebesar 0,327, yang menandakan Grab sebagai pemenang dalam persaingan ini. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai bagaimana strategi yang difokuskan pada kebutuhan pelanggan dapat meningkatkan daya saing dalam pasar transportasi online yang kompetitif.

Author Biographies

Putut Ade Irawan, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Luhur Pambudi Herdanarpati, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

References

Budiana, Y., & Khasanah, N. (2020). Analisis Strategi Kompetisi Antara Jasa Transportasi Online Gojek Dan Grab Dengan Menggunakan Game Theory (Studi Kasus: Mahasiswa Di Pulau Jawa) Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online). Januari, 4(1), 16–27.

Fannia Nur Aziza, Cindy Berliana Latansyah, & Revinindia Oktaimanuella. (2023). Analisis Strategi Kompetisi Antara Shopeefood Dan Gofood Dengan Menggunakan Game Theory. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 01–14. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.449

Imran, A. (2019). Penentuan Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Online Dengan Teori Permainan (Game Theory).

Lubis, I. H., Husein, I., & Aprilia, R. (2023). Analysis of Online Transportation Marketing Strat-egies Using Game Theory. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 20(2), 385–397. https://doi.org/10.20956/j.v20i2.32064

Nurhasanah, Gustifa, R. P., Salwa, N., & Hasan, A. (2024). The Concept of Game Theory in De-termining the Competition Strategy for Gojek and Grab Online Transportation Services (pp. 19–31). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-216-3_3

Satriani, D., & Nohe, D. A. (2022). Aplikasi Game Theory pada Analisis Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Online di FMIPA Universitas Mulawarman. 1(1), 85–94. http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/basis

Siahaan, M., & Kurniawan, K. (2022). Analysis Of Acceptance Online Transportation Applica-tion In The Riau Islands Using The Technology Acceptance Model. The 2nd Conference on Management, Business, Innovation, Education, and Social Science, 2(1), 58–71.

Windasari, W., & Zakiyah, T. (2020). Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-Jek di Kabupaten Kebumen. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 32, 194–198. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Downloads

Published

2025-04-13

How to Cite

Putut Ade Irawan, & Luhur Pambudi Herdanarpati. (2025). Analisis Persaingan Antara Grab Dan Gojek Menggunakan Pendekatan Game Theory. Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 3(01), 01–08. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/285