Strategi Pemasaran Produk Akar Tanjung Menggunakan SWOT dan BMC ( Studi Kasus UPT. Waserda)

Authors

  • Putut Ade Irawan ITATS

Keywords:

SWOT, Busines Model Canvas, Value Proposition

Abstract

Waserda adalah sebuah UPT yang menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Penjualan yang dilakukan di waserda adalah direct selling. Hal itu menyebabkan kurang maksimalnya proses penjualan didunia yang serba digital seperti saat ini.untuk itu, dibutuhkan sistem pendukung yang baik untuk membantu pemasaran produk yang ada di UPT. Waserda. Penelitian ini menggunakan metode SWOT dan Bisnis Model Canvas (BMC) untuk memilih strategi terbaik sesuai dengan kebutuhan UPT. Waserda. Metode swot digunakan untuk mengetahui strategi yang dapat diterapkan pada waserda , sedangkan BMC untuk mengetahui segmentasi pasar,dan value proposition produk yang ada atau diproduksi UPT.Waserda.

Author Biography

Putut Ade Irawan , ITATS

Progam Studi Magister Teknik Industri

References

Brunn, Jensen, & Skovgaard. (2002) Jurnal E-Marketplace, hal 5. Sumber : https://docplayer.info/52554654-Bab-2-landasan-teori.html

Chandra, Julia. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media dan Review Produk Pada marketplace Shopee Terhadap keputusan Pembelian(Skripsi), Surakarta : Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Durotul, Linda. (2018). Jurnal Rancang Bangun E-commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management, vol 12, hal. 10.

Hakim, Iqbal. (2018). Perencanaan Strategi Alternatif Menggunakan Analisis Metode SWOT, Matriks BCG & QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pakaian Muslim Kardigan Pada CV. Multiguna safirah Collection (Skripsi), Yogyakarta : Universitas Islam Yogyakarta.

Irmawati, Dewi. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, hal 97

Korhonen, Jenny. (2014). Exploration and Analysis of Market Growth opportunities in The Tractor Municipality Segmen in Germant. (Skripsi), Lapland University of Applied Science : Germany

Natasha. (2018). Apa itu marketplace?. Sumber : https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/

Ngurah, I Gusti, Sukadana, I Wayan, & Detriasmita, Made. (2018). Peran E-commerce Terhadap Penjualan Usaha Pada Industri Pakaian di Provinsi Bali(Jurnal Skripsi), hal 7.

Nurlisah. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Volue pejualan Lipaq Saqbe Mandar Pada Malolo group Kabupaten Polewali Mandar Dalam Perspektif Ekonomi Islam(Skripsi), Makassar : UIN Alaluddin Makassar.

Prasetyo, Banu, & Trisyanti, Umi. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0, hal. 24-25.

Sa’ad, Walia Nabila. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandarlampung Ditinjau Dari etika Bisnis Islam (Skripsi), Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setyawan, Robi. (2015). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil AMAN AMIN Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta (Skripsi), Yogyakarta : Universitas Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Putut Ade Irawan. (2023). Strategi Pemasaran Produk Akar Tanjung Menggunakan SWOT dan BMC ( Studi Kasus UPT. Waserda). Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 1(01), 01–10. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/39