Efektifitas Pemasaran Digital Dengan Pendekatan Marketing Funnel Terhadap Penjualan Di Japo Mart
Keywords:
Marketing Funnel, Advocacy, SPSSAbstract
Di era digital saat ini, penerapan strategi pemasaran digital menjadi faktor penting dalam meraih keberhasilan bisnis. Sebagai metode untuk mengubah prospek menjadi pelanggan, digital marketing telah menjadi salah satu alat utama dalam kampanye pemasaran modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi digital marketing yang diterapkan oleh Japo Mart dengan menggunakan metode Marketing Funnel yang mencakup lima tahapan: awareness, consideration, purchase, retention, dan advocacy. Analisis data dilakukan berdasarkan informasi dari Google Console selama periode Agustus hingga November 2024. Data tersebut diolah menggunakan program komputer SPSS dan melibatkan regresi serta uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap purchase memberikan pengaruh signifikan terhadap advocacy dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan t-hitung sebesar 40,231 yang lebih besar dari t-tabel (4,064). Sebaliknya, variabel awareness, consideration, dan retention tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap advocacy karena nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05. Hasil analisis ANOVA menunjukkan nilai F sebesar 979,786 dengan tingkat signifikansi 0,00, yang mengindikasikan bahwa variabel independen secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan strategi digital marketing yang optimal, khususnya pada tahap purchase untuk mendorong advokasi pelanggan. Temuan ini memberikan wawasan bagi Japo Mart dalam meningkatkan rencana pemasaran online mereka guna mempertahankan daya saing di pasar ritel modern.
References
Darmawansyah. (2021). Indikator Keuangan Dan Non-Keuangan Melalui Roi Yang Diterapkan Dalam Sosial Media Marketing. Journal of Management, 2(1), 84–91. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i1
Gumalang, R. F., & Saerang, D. P. E. (2022). The Influence Of Content Marketing, Influencers And Psychological Factors On Brand Awareness Of Tiktok Advertising. In Arie 128 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 4).
Maytanius, J., Leonardo, ), Wahyudi, H., Kelvin, ), Lim, R., & Sentoso, A. (2023). Analisis Digital Marketing UMKM Creativ. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1563–1567. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1090
Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. In Jurnal Tematik (Vol. 3, Issue 2). https://journals.usm.ac.id/index.php.tematik
Putri, A. P., Hetami, A. A., & Fourqoniah, F. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2(1), 828–839.
Rian, H., Estiana, R., Karomah, N. G., Suharmanto, S., & Gustiawan, H. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abdidas, 3(4), 655–661. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.651
Rokhani, S., & Nurkhin, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Karakteristik Bank Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 235–243. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50651
Safinatunnajah, A. N., Pujiyanto, & Sudarmanto, J. A. (2021). Designing Granoolars Brand Promotion with Social Media Mix Approach as A Brand Awareness Strategy. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 857–874. https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p857-874
Umar, J. T., Baja, L., Batam, K., & Riau, I. (2019). Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile (Vol. 4, Issue 1). JT-IBSI.
Wijoyo, A., Sori Muda Nasution, A., Tia Larasati, D., Gustiara, D., & Nurul Hilal, W. (2023). Upaya Pengembangan Dan Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam E-Commerce Shopee. In Bisnis dan Pendidikan (Vol. 1, Issue 2). https://jurnalmahasiswa.com/index.php/teknobis
Yuvaraj, S., & Professor, A. (2018). Influence Of Digital Marketing On Brand Building. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET, 9(7), 235–243. http://www.iaeme.com/ijmet/issues.asp?JType=IJMET&VType=9&IType=7http://www.iaeme.com/IJMET/issues.asp?JType=IJMET&VType=9&IType=7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cut Suci , Putut Ade Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








