Perpindahan Konsumen Belanja Online Menggunakan Analisa Markov Chain
Keywords:
Model Markov, Platform E-commerceAbstract
Perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja online menjadi topik yang penting di era digital, mengingat ketatnya persaingan antar platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang perpindahan konsumen di empat platform belanja online utama: Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia, dengan menggunakan model Rantai Markov. Metode ini dipilih untuk mengidentifikasi pola perpindahan konsumen dan memproyeksikan kondisi steady state, di mana perpindahan konsumen antar platform mencapai titik ekuilibrium. Data diperoleh melalui kuesioner yang mengeksplorasi preferensi belanja online responden dari waktu ke waktu. Hasil analisis menunjukkan bahwa probabilitas pelanggan beralih antar platform mencapai kondisi steady state pada bulan ke-3. Temuan utama termasuk penurunan pelanggan setia di semua platform dengan persentase penurunan tertinggi di Bukalapak, dari 30% menjadi 20%, dan peningkatan total pelanggan di Shopee dan Tokopedia masing-masing sebesar 136% dan 124% dibandingkan dengan jumlah awal. Sementara itu, Lazada mengalami penurunan jumlah pelanggan sebesar 60% dibandingkan dengan jumlah awal. Riset ini mengungkapkan bahwa meskipun konsumen cenderung berpindah platform, Shopee dan Tokopedia memiliki daya tarik yang lebih kuat dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya strategi manajemen loyalitas pelanggan dan inovasi layanan untuk menghadapi pergeseran preferensi dalam berbelanja online. Implementasi dari temuan ini dapat membantu platform e-commerce untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan mempertahankan konsumen di pasar yang kompetitif. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi loyalitas dan peralihan konsumen, seperti harga, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan platform.
References
Amallita, C., & Nur Chasanah, A. (2024). Perbandingan Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada E-Commerce Shopee dan Lazada. In JEKOBS (Vol. 3, Issue 2). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS
Santoso, & Lestari. (2023). Analisis Rantai Markov Lima Status pada Return Harga Saham BBCA (Vol. 5, Issue 1). http://bisnisman.nusaputra.ac.id
Pratama, I. B., & Aryanny, E. (2024). Market share analysis of vitamin C products using the Markov chain method and marketing strategy using SOAR analysis. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 16–32. https://doi.org/10.37631/ebisma.v5i1.950
Ridwan, M., Sari, R. P., & Suseno, A. (2021). Analisis Strategi Bersaing Merek Mie Instan Menggunakan Teknik Markov Chain Dan Game Theory (Studi Kasus Mie I Vs Mie S). Jurnal Sistem Teknik Industri, 23(2), 132–145. https://doi.org/10.32734/jsti.v23i2.6115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.