Strategi Pemasaran Keragaman Produk Di Japo Mart Menggunakan Metode BMC Dan SWOT (Studi Kasus Pada Toko Japo Mart Nganjuk)

Authors

  • Zakiyatul Munawaroh Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Putut Ade Irawan Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Keywords:

BMC, Analisis SWOT, Toko Japo Mart

Abstract

Toko Japo Mart merupakan  toko yang menjual berbagai macam produk seperti  peralatan sekolah, peralatan mandi, makanan, minuman dan bahan pokok. Dalam perjalanan bisnis toko Japo Mart mengalami penuh tantangan dalam  memasarkan produknya. Karena itu  toko Japo Mart memerlukan model bisnis yang tepat dan strategi baru untuk meningkatkan daya saing dalam pemasaran produknya. tujuan penelitian ini  berfokus pada strategi pemasaran dengan metode Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT  (IFAS,EFAS dan Matriks SWOT). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Setelah melakukan penelitian menunjukan hasil BMC sudah memenuhi 9 aspek dalam BMC, nilai EFAS diangka 0,26 dan IFAS 1,04 kuadran SWOT yang berada pada kuadran 1 ‘’Growth Oriented Strategy’’ mendukung strategi agresif. Pentingnya untuk meningkatkan jumlah pembeli dengan mengimplementasikan berbagai strategi seperti memberikan diskon dan promo pada produk tertentu. Selain itu menambahkan jumlah dan jenis produk juga penting dalam menarik pelanggan dan menawarkan harga yang terjangkau serta variasi yang lebih banyak.

Author Biographies

Zakiyatul Munawaroh, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Putut Ade Irawan, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

References

Irawan, P. A. (2023). Strategi pemasaran Produk akar Tanjung Menggunakan Metode SWOT dan BMC (studi kasus UPT. Waserda). Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 01(1), 01–10.

Rhodiyah, M. M., & Indrasari, M. (2019). Pengaruh keragaman produk, harga, kualitas, pelayanan pada decisión buyer.

Tahalli, R. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Businees Model Canvas (BMC) Dan Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus : UMKM Toko Sonorejo Makmur).

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks

Downloads

Published

2025-04-13

How to Cite

Zakiyatul Munawaroh, & Putut Ade Irawan. (2025). Strategi Pemasaran Keragaman Produk Di Japo Mart Menggunakan Metode BMC Dan SWOT (Studi Kasus Pada Toko Japo Mart Nganjuk). Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 3(01), 33–42. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/290