Analisis Strategi Bisnis Galeri Didik Wedding Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan SWOT

Authors

  • Tsania Mahfudloh Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Denny Kurniawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Luhur Pambudi Herdanarpati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Keywords:

Business Model Canvas (BMC), SWOT, IFAS, EFAS, Agresif

Abstract

Galeri Didik Wedding merupakan usaha layanan jasa makeup yang sudah berumur 20 tahun, layanan yang diberikan seperti makeup, acara pernikahan, karnaval dan lain lain. Lokasi utama Galeri Didik Wedding beralamat di Talun-Rejoso dan hanya mempunya 1 cabang di Jalan Barito Nganjuk. Dalam perjalanan membangun bisnisnya Galeri Didik wedding mengalami tantangan dan persaingan yang tinggi dari competitor, karena itu perlu adanya model bisnis yang tepat dan strategi baru untuk dapat meningkatkan daya saing dalam pemasaran layananya. Adanya penelitian ini yaitu berfokus dalam menganalisis strategi bisnis dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT. Menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur dengan hasil yang sudah memnuhi aspek 9 elemen Business Model Canvas dengan nilai IFAS diangka 1,535 dan EFAS diangka 0,724 kuadran SWOT yang berada pada kuadran 1 yaitu “Growth Oriented Strategy” yang memerlukan strategi agresif. Dengan hasil implementasi yang menunjukan rekomendasi perbaikan dari 9 elemen Business Model Canvas dan strategi dari SO,WO,ST,WT yang dihasilkan dapat menjadikan pilihan solutif dalam menerapkan stratgei pemasaran di Galeri Didik Wedding.

Author Biographies

Tsania Mahfudloh, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Denny Kurniawati, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Luhur Pambudi Herdanarpati, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

References

Badru, M., Pudyaninsih, R., & Akramiah, N. (2020). Analisis Swot Dalam Bauran Pemasaran Pada Toko Melati Kota Pasuruan. Jurnal EMA, 4(2), 62–69. https://doi.org/10.47335/ema.v4i2.39

Jordhi. (2021). Peluang Usaha Bisnis Jasa. Peluang Bisnis Jasa. https://www.mokapos.com/blog/bisnis-jasa

Safira, A. N., Dwiyanti, S., Megasari, D. S., & Puspitorini, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Makeup Artist (MUA) Hits Di Indonesia dalam Menjalankan Usaha Di Bidang Jasa Makeup. E-Journal, Volume 10, 165–176.

Zulfi, I. (2021). Analisa Business Model Canvas (Bmc) Pada Industri Pengolahan Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Tsania Mahfudloh, Denny Kurniawati, & Luhur Pambudi Herdanarpati. (2025). Analisis Strategi Bisnis Galeri Didik Wedding Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan SWOT. Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 3(02), 67–74. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/341

Most read articles by the same author(s)