PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UPT WASERDA SELAMAT

Authors

  • Erna Habibah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Eka Purwanti Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Apakah harga dan produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Pada Toko Waserda Selamat, dengan jumlah sampel sebanyak 73 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari kuesioner dan studi pustaka yang diambil dengan metode Purposive Sampling dan daftar pertanyaan yang pengukurannya menggunakan skala likert.  Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji signifikansi berpengaruh secara simultan dengan uji F, harga dan kualitas terhadap produk secara bersamaan atau serempak, memiliki pengaruh yang signifikan (statistik) terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian pengaruh parsial dengan uji t, bahwa semua variabel bebas, yaitu harga dan kualitas terhadap produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.  Data diolah secara statistik dengan program SPSS for windows, yaitu model uji t, uji f, dan koefisien determinan (R2). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji signifikansi pengaruh simultan dengan uji F, diketahui bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara serempak terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dari nilai Fhitung=31.565 > Ftabel= 1.99 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05, (2) variabel harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dari Thitung=0.474 > T tabel 0.2303 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001<0,05, (3) variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibuktikan dari T hitung=0.474 >0.2303  T tabel = dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.689 atau 68.9%. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0.474 atau 47.4%.  

Author Biographies

Erna Habibah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Poomsda

Eka Purwanti , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

References

Arfeni Malina Daulay (2015) “Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Telkomsel SIMPATI Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi”

Chairuna Fani 2017 “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Indihome Dari Pt. Telkom Witel Medan Sumatera Utara (Studi Kasus Di Komplek Tasbih 1 Dan 2)” Tanggal 10 april 2018, waktu 10.00 WIB

David Sepang, Lotje Kawet, dan Silvya Mandey (2016) “Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Transvision Manado”

Eriyanto Prastyo Nugroho 2011 “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer” Tanggal 20 mei 2018, waktu 10.00 WIB

Ferry Rostya Adi Albertus 2012“Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan” Tanggal 8 Agustus 2018

Liecardo William 2017 “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Kesetiaan Pelanggan Fashion Cryspyduck Pada Toko Skate Element Medan” Tanggal 10 April 2018, waktu 10.00 WIB

Melya Puri 2016 “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Provita Bandar Lampung”

Merdian Andri Wili 2010 “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan”

Patricia Diana Paramita Dharu Kusuma Wardani, dan Maria Minarsih (2016) “Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen”(Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Ntronik Lintas Nusantara Semarang)

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Erna Habibah, & Eka Purwanti. (2023). PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UPT WASERDA SELAMAT. CYBER-TECHN, 17(01), 01–10. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/60

Most read articles by the same author(s)