PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Poskestren POMOSDA Nganjuk)

Authors

  • Achmad Syaichu Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Lika Mar,atush Sholikah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Servqual, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah ada pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan pada Poskestren Pomosda Terhadap Kepuasan Pasien. Pasien rawat inap Poskestren Pomosda sebagai populasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 68 responden. Dengan metode SERVQUAL (Service Of Quality). Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap responden sejumlah 68 pasien didapatkan data primer sebagai bahan analisis. Dari hasil analisis tersebut menjadikan  bahwasanya variabel bebas yaitu tangibles, reliability, responsive, assurance, dan emphaty berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pasien terhadap pelayanan Poskestren Pomosda. Dari hasil pembahasan didapatkan gap negatif pada satu dimensi. Dan prioritas perbaikan pelayanan pada Poskestren Pomosda terdapat pada dimensi assurance (jaminan), dikarenakan mempunyai gap negatif terbesar yaitu -0,20.

Author Biographies

Achmad Syaichu , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Lika Mar,atush Sholikah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Agustin Sukarsono , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Aji, Wahyu Kartika. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, da Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien

Erviana, Okky. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Suewondo Kendal

Febriani, Valentina Anissa. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

Fitriana, Iftahir Rizka. 2018. Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Tingkat Kepuasan Siswa SMP Pomosda Menggunakan Metode Service Quality

Herawan, I Gede Asta Wido. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya

Listanti, Triana Retno. 2018. Analisa Pengukuran Kualitas Pelayanan Pembayaran Syariah Terhadap Kepuasan Santri SMA Pomosda Menggunakan Metode Service Quality

Nidia. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Bara-Baraya Makassar

Nova, Rahadi Fitra. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta

Poskestren Pomosda. 2015. Profil Poskestren Pomosda Tanjunganom Nganjuk Jawa Timur

Rahman, Adi Nur. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencarian Pelayanan Kesehatan (Health Seeking Behavior) Pada Santri di Pondok Pesantren Al Bisyri Tinmojoyo Semarang

Santoso, Semiaji. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pada RS Roemani Muhammadiyah Semarang

Saputra, Angga Adi. 2018. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 3(2), 72-.89

Widyawati, Ikha Wahyu. 2015. Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Service Of Quality

Wijaya, Satriya, S.KM.,M.Kes dan Adriansyah, Agus Aan, S.KM.,M.Kes. 2018. Analisis Pelaksanaan Manajemen Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Assalafi Al Fitrah Kedinding. Surabaya

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Achmad Syaichu, Lika Mar,atush Sholikah, & Agustin Sukarsono. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Poskestren POMOSDA Nganjuk). CYBER-TECHN, 16(02), 138–144. Retrieved from https://jurnal.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/76

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>