PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus Pada Poskestren POMOSDA Nganjuk)
Keywords:
Servqual, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah ada pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan pada Poskestren Pomosda Terhadap Kepuasan Pasien. Pasien rawat inap Poskestren Pomosda sebagai populasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 68 responden. Dengan metode SERVQUAL (Service Of Quality). Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap responden sejumlah 68 pasien didapatkan data primer sebagai bahan analisis. Dari hasil analisis tersebut menjadikan bahwasanya variabel bebas yaitu tangibles, reliability, responsive, assurance, dan emphaty berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pasien terhadap pelayanan Poskestren Pomosda. Dari hasil pembahasan didapatkan gap negatif pada satu dimensi. Dan prioritas perbaikan pelayanan pada Poskestren Pomosda terdapat pada dimensi assurance (jaminan), dikarenakan mempunyai gap negatif terbesar yaitu -0,20.
References
Aji, Wahyu Kartika. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, da Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien
Erviana, Okky. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Suewondo Kendal
Febriani, Valentina Anissa. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Fitriana, Iftahir Rizka. 2018. Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Tingkat Kepuasan Siswa SMP Pomosda Menggunakan Metode Service Quality
Herawan, I Gede Asta Wido. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya
Listanti, Triana Retno. 2018. Analisa Pengukuran Kualitas Pelayanan Pembayaran Syariah Terhadap Kepuasan Santri SMA Pomosda Menggunakan Metode Service Quality
Nidia. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Bara-Baraya Makassar
Nova, Rahadi Fitra. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta
Poskestren Pomosda. 2015. Profil Poskestren Pomosda Tanjunganom Nganjuk Jawa Timur
Rahman, Adi Nur. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencarian Pelayanan Kesehatan (Health Seeking Behavior) Pada Santri di Pondok Pesantren Al Bisyri Tinmojoyo Semarang
Santoso, Semiaji. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pada RS Roemani Muhammadiyah Semarang
Saputra, Angga Adi. 2018. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 3(2), 72-.89
Widyawati, Ikha Wahyu. 2015. Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Service Of Quality
Wijaya, Satriya, S.KM.,M.Kes dan Adriansyah, Agus Aan, S.KM.,M.Kes. 2018. Analisis Pelaksanaan Manajemen Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Assalafi Al Fitrah Kedinding. Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CYBER-TECHN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.